Jumat, 09 Mei 2014

Fungsi Manajemen Menurut Ahli


Fungsi Manajemen menurut para ahli dan dalam kehidupan sehari hari kita memang sangat besar terutama untuk menunjang bisnis dan efektivitas. Manajemen merupakan sebuah ilmu yang diterapkan di segala bidang kehidupan, tidak hanya untuk bisnis dan keuangan, manajemen juga sangat penting untuk mengelola waktu agar lebih efektif dan efisien.
Bagi yang sedang mempelajari ilmu bisnis dan ekonomi ada beberapa fungsi manajemen yang diungkapkan oleh ahli dalam bidang ekonomi dan manajemen. Namun dari beberapa teori yang dikembangkan tersebut memang ada beberapa yang lebih sering digunakan untuk teori ataupun prakteknya
Sejarah Manajemen
Manajemen merupakan ilmu yang telah ada sejak ribuan tahun lalu, namun tentu belum didefinisikan secara jelas dan secara spesifik dalam bentuk tulisan. Namun bisa dibayangkan bagaimana membuat tembok China, membangun piramida Mesir, dan bangunan bersejarah lainnya seperti candi Borobudur? Semua proses ini tentu membutuhkan ribuan bahkan ada yang membutuhkan ratusan ribu orang untuk membantu proses pembuatannya. Dalam hal ini, tentu dibutuhkan sebuah proses pengaturan dan organisasi orang atau pun bahan baku dan proses pembangunannya.  Ini lah fungsi manajemen yang secara tidak langsung dapat membantu kita dalam segala hal.

Fungsi Manajemen

Fungsi manajemen yang utama menurut berbagai ahli dalam ilmu ekonomi sebenarnya ada 4 fungsi utamanya, dalam pembagian ilmu ekonomi juga telah di pelajari secara detil keempat fungsi ini.
1. Perencanaan
Fungsi perencanaan merupakan fungsi bagaimana mengelola sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Fungsi ini bertujuan untuk mencari bagaimana jalan atau cara alternatif untuk mencapai tujuan perusahaan dengan meningkatkan kinerja dan sumber daya yang ada seefisien dan sebaik mungkin.
Sub kegiatan pada fungsi perencanaan
  • Menetapkan sumber daya yang dibutuhkan 
  • Menentukan target bisnis
  • Merancang strategi yang akan dilakukan
  • Membuat key performance indicator atau indikator sukses setiap strategi dan kegiatan yang dilakukan
2. Pengarahan
Fungsi manajemen yang kedua adalah fungsi pengarahan, dimana memberikan arahan agar seluruh tim dan sumber daya yang ada dapat bekerja untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu, menjalankan seluruh perencanaan yang telah dibuat agar dapat dijalankan dengan baik.
Sub kegiatan pada fungsi pengarahan
  • Review rutin terhadap kegiatan yang dilakukan
  • Memberikan motivasi dan bimbingan pada tim
  • Memberikan penjelasan rutin mengenai tugas dan item yang harus dilakukan
3. Pengorganisasian
Fungsi untuk melakukan substract pekerjaan yang ada menjadi sub bagian yang kecil agar mudah dikerjakan oleh semua anggota tim. Memberikan fungsi nyata the right man on the right place dan memastikan seluruh orang dalam tim tersebut telah mendapat porsi dan pekerjaan yang telah sesuai.
Sub kegiatan pada fungsi pengorganisasian
  • Membuat Work breakdown structure atau struktur organisasi 
  • Seleksi sumber daya manusia, yang merupakan tugas HRD di perusahaan.
  • Penetapan personil pada area kerja yang telah ditentukan
4. Pengawasan
Memastikan bahwa seluruh kegiatan yang telah direncanakan dan diarahkan telah dikerjakan dengan baik dan benar dan sesuai dengan perencanaan yang di buat.
Sub kegiatan pada fungsi pengorganisasian
  • Mengevaluasi kinerja yang telah dicapai
  • Mengambil tindakan atas pencapaian yang telah di capai
  • Mengambil solusi atas kekurangan dalam pencapaian target yang telah ditentukan.

Fungsi Manajemen Secara Umum

Fungsi manajemen secara umum dan dalam kehidupan sehari hari memang memiliki peran vital dalam kehidupan maupun dalam bisnis. Manajemen tidak hanya mengajarkan 4 fungsi utama di atas, melainkan juga bagaimana seseorang mengimplementasikan keempatnya secara tepat di dunia kerja, belajar, bahkan ketika mencari teman dan waktu bermain. Manajemen menjadi indikator sukses dalam kehidupan pribadi dan perusahaan terbesar di Indonesia atau pun di dunia. Secara umum fungsi manajemen adalah untuk memberikan suatu sistem yang jelas bagaimana suatu tujuan dapat dicapai dengan pendekatan yang sistematis.
Sumber: http://blogging.co.id/fungsi-manajemen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar