Rabu, 14 Mei 2014

Asas-asas Manajemen

Management berasal dari kata to manage yang berarti mengatur . Dalam hal mengatur akan timbul masalah, problem, proses dan pertanyaan tentang apa yang diatur, siapa yang mengatur, mengapa harus di atur  dan apa tujuan pengaturan tersebut. Manajemen juga menganalisa, menetapkan tujuan /sasaran serta mendeterminasi tugas-tugas dan kewajiban-kewajiban secara baik, efektif dan efisien.
Beberapa definisi yang dikemukakan oleh beberapa ahli, seperti di bawah ini :
  1. Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu (penulis).
  2. Menurut G.R. Terry dalam bukunya “Principles of  Management”. Manajemen merupakan suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan dan pengenalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya  manusia dan sumber-sumber lainnya.
  3. Lawrence A. Appley dalam bukunya “Leadership On The Job”. Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.
  4. Peter F. Drucker dalam bukunya “Management, Tasks, Responsibility and Practise”. Manajemen harus memberikan arah – jurusan kepada lembaga yang dikelolanya. Ia harus memikirkan secara tuntas misi lembaga itu, menetapkan sasaran-sasarannya dan mengorganisasi sumber daya untuk tujuan-tujuan yang telah digariskan oleh lembaga. Sesungguhnya manajemen bertanggung jawab terhadap pengarahan VISI serta sumber-sumber daya kejurusan hasil-hasil yang paling besar dan efisien.
Dan Masih banyak lagi definisi-definisi dari pakar-pakar manajemen, dan beberapa kesimpulan dari definisi-definisi tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Manajemen adalah perpaduan antara ilmu pengetahuan dan seni.
  2. Manajemen adalah proses yang sistematis, terkoordinasi dan kooperatif dalam usaha-usaha memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.
  3. Manajemen mempunyai tujuan tertentu, berhasil tidaknya tujuan itu tergantung pada kemampuan mempergunakan segala potensi yang ada.
  4. Manajemen hanya dapat diterapkan pada sekelompok manusia yang bekerjasama secara formal serta mempunyai tujuan yang sama pula.
  5. Manajemen hanya merupakan alat untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.
  6. Dalam manajemen, kepemimpinan merupakan factor yang sangat dominant.
  7. Manajemen merupakan system kerjasama yang  koperatif dan rasional.
  8. Manajemen didasarkan pada pembagian kerja, tugas, dan tanggung jawab yang teratur.
Perkembangan Manajemen
Manajemen sebetulnya sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, artinya sejak ada pembagian kerja dan adanya tujuan bersama diantara  sekelompok orang yang tergabung dalam suatu ikatan formal.

Dengan demikian dapat kita lihat dengan jelas bahwa dasar manajemen itu adalah :
  1. Adanya kerjasama diantara sekelompok orang dalam ikatan formal.
  2. Adanya tujuan bersama serta kepentingan yang sama yang akan dicapai.
  3. Adanya pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab yang teratur.
  4. Adanya hubungan formal dan ikatan tata tertib yang baik.
  5. Adanya sekelompok orang dan pekerjaan yang dilakukan.
  6. Adanya Human Organization.
Sumber : http://sseituko.wordpress.com/2010/10/12/asas-asas-manajemen/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar