Jumat, 09 Mei 2014

14 Cara Cerdas Merebut Perhatian Atasan

Kompetisi dalam mengejar promosi sudah lumrah terjadi di lingkungan kerja. Beragam cara kerap dilakukan seseorang demi meraih posisi atau jabatan yang meningkatkan karir profesionalnya. Namun, persoalannya kini, bagaimana agar karir Anda melesat maju dan kemudian meninggalkan pesaing jauh di belakang serta memperoleh gaji dengan nominal yang menggiurkan?. Berikut 14 cara jitu lagi profesional yang mudah dilakukan. Siapa tahu bos menjadi simpati dengan Anda. Dan kemungkinan menjadi ‘tangan kanan’ pun terbuka luas.
1. Datang ke kantor jauh lebih awal
Lakukan ini jika ada jadwal meeting penting di pagi hari. Sehingga kita mempunyai waktu yang lebih banyak untuk mempersiapkan sesuatu. 
2. Kerjakan segala yang terbaik
elalu berprestasi sebaik-baiknya di kantor. Jangan pernah memberi kesan seolah Anda tak mampu mengerjakan tugas yang diberikan bos, atau Anda sendiri tak tahu kapan untuk memulainya.
3. Sesuaikan diri dengan kepentingan bos
Utamakan kepentingan bos di atas kepentingan Anda sendiri. Misalnya ia memanggil Anda, yang kebetulan sedang bicara di telepon. Putuskan hubungan itu segera dan katakan Anda akan segera menghubungi kembali bila urusan Anda dengan bos selesai.
4. Memelihara citra baik bos
Buat bos Anda selalu kelihatan baik, tanpa cela senila pun. Sebab, apabila dia memiliki kesan yang baik di mata publik, Anda pun akan dinilai baik pula. Misalnya, kalau bos memberikan presentasi, pastikan data dan informasi yang disampaikannya itu akurat. Perhatikan juga peralatan audio-visual yang akan digunakannya, supaya berfungsi dengan baik.
5. Sesuaikan pakaian dengan situasi dan lingkungan
Kemajuan karir, berdasarkan penelitian para ahli, ditunjang oleh cara berpakaian seseorang, sama pentingnya dengan menjaga kebugaran fisik, kerapian rambut dan kebersihan diri.
6. Bersikap tenang
Pribadi yang tetap tenang, stabil dan tak terusik oleh situasi seberat dan serumit apa pun, pasti disukai bos dan karyawan lain di tempat kerja. Bos, klien, dan orang lain menghargai seseorang yang tetap berotak cemerlang dan jernih bila menghadapi krisis. Anda sendiri pasti merasa lebih tenang dan percaya diri. Sekaligus berkemungkinan meraih promosi, kalau secara mental Anda selalu tanggap pada masalah, bukan?
7. Siapkan rencana cadangan
Di dunia ini tak ada yang pasti. Ada kalanya rencana yang telah disusun matang-matang, ternyata sebaliknya yang terjadi. Makanya, dalam mengantisipasi sesuatu, jangan hanya maju dengan satu rencana. Selalu siapkan rencana alternatif yang kalau saja situasi yang ada menyeleweng ke arah berlawanan.
8. Gesit
Supaya bos memperhatikan keberadaan Anda, maka bertindaklah lebih cepat dan gesit, baik dalam bekerja maupun berinisiatif. Dan, jangan lupa bekerjalah berdasarkan skala prioritas.
9.Tegas
Sekali Anda di posisi atas dan menjadi pengambil keputusan, belajarlah bersikap tegas. Dalam berpikir dan bertindak pun harus cepat. Seorang peragu, pasti lambat dalam mengambil keputusan. Sebab ia kelewat banyak menimbang visi yang jelas. Sifat seperti ini tentu buruk untuk dapat menjadi eksekutif sukses yang efektif, Anda harus mempelajari persoalan dengan seksama, kemungkinan solusi yang rasional, dan yang pasti jangan bertele-tele.
10. Perluas pengetahuan umum Anda
Perluas pengetahuan Anda dan buat atasan terkesima dengan apa yang Anda ketahui mengenai isu-isu global yang sedang terjadi, dengan selalu up to date dengan berita-berita terkini.
11. Ringan tangan dalam menerima tugas tambahan
Setiap pekerjaan pasti memiliki masing-masing tanggung jawab yang berbeda. Tapi tidak mustahil Anda-anda kejatuhan bonus pekerjaan tambahan. Bila suatu ketika bos ‘berbaik hati’ memberikan itu pada Anda, jangan langsung menolak dan mengandalkan berbagai alasan keluarga. Karena, siapa tahu ia sedang mengetes kesiapan Anda dalam menerima tanggung jawab baru?
12. Kupas persoalan kritis dengan atasan
Bila Anda menghadapi persoalan, atau sedang menangani krisis, lakukanlah secara cermat. Pelajari situasinya, pikirkan tindakan penanggulangannya, lalu temui langsung bos dan membahas masalah tersebut hingga tuntas. Bos pasti menghargai kepekaan dan kejelian Anda.
13. Cerialah
Supaya Anda dihargai, tunjukkan karakter plus Anda yang periang itu, bahkan saat Anda sedang tertekan sekalipun dan selalu berpikir positif.
14. Kuasailah seni berbicara
Untuk maju, Anda harus menguasai seni berbicara dan menuangkan pikiran dalam suatu pertemuan atau rapat. Bos menilai tinggi karyawan yang mampu berkomunikasi secara jelas dan efektif. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Semakin intelek Anda dan semakin profesional Anda dalam beraksi, akan semakin baik, bukan? Selamat mencoba dan sukses untuk Anda

Tidak hanya itu saja, masih banyak yang perlu Anda simak untuk melancarkan langkah promosi karir. Selain memakai 14 cara intelek merebut simpati bos, Anda juga perlu menyimak hal penting untuk melangkah menuju promosi karier..! Sudah siapkah Anda untuk itu? Langkah Menuju Promosi Karir
Memang, banyak hal yang mendukung suatu promosi, tapi paling tidak, ada beberapa kiat dari para konsultan yang mungkin perlu Anda pertimbangkan untuk memudahkan promosi Anda. Coba simak 5 langkah tepat menuju promosi berikut ini:

Tangkas dan cerdas
Hari-hari kerja selalu dipenuhi dengan keadaan yang tidak terduga dan penuh kejutan. Bagaimana Anda mengatasi masalah `dadakan` itu menjadi kredit poin tersendiri bagi karir Anda. Jika waktu yang terbatas dan situasi yang panik tak menghalangi Anda untuk mengatasi masalah, menunjukkan betapa Anda mampu menganalisa masalah dengan cepat dan tepat. Tetap tersenyum dan sikap tenang akan mengesankan pada atasan Anda betapa tidak gentarnya Anda terhadap masalah-masalah itu.
Siap melebarkan sayap dan tanggung jawab Keinginan Anda mengemban tanggung jawab yang lebih besar akan mengesankan supervisor Anda. Kemudian inisiatif Anda bertanya dan memberi saran juga merupakan nilai lebih. Kesediaan Anda meluangkan waktu menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang selalu siap dalam segala suasana.
Lebih banyak bekerja daripada bicara
Usahakan untuk cepat mengerjakan tugas dan jangan banyak omong untuk masalah yang tak perlu. Lagipula kebanyakan bicara tanpa diserta tindakan yang nyata akan membahayakan posisi Anda.
Upayakan promosi terselubung
Siapa bilang kalau promosi atau usaha Anda itu harus digembar-gemborkan, terkadang pengumuman itu membuat runyam rencana. Bisa-bisa malah Anda yang dimanfaatkan oleh teman yang punya niat jahat. Pastikan ide Anda dan usaha promosi Anda jatuh ke orang yang tepat.
Dekatlah ke lini strategis
Bergabunglah dengan orang-orang berpengaruh yang bisa mempengaruhi percepatan karir Anda. Agar tidak mencolok, Anda bisa mengambil tempat duduk berdampingan saat makan siang. Jika Anda sudah melewatkan waktu dengan para eksekutif, maka jangan heran jika Anda telah dianggap sebagai kalangan dekat yang otomatis akan membuat jalan Anda tambah lancar. Tapi hati-hati, tetaplah pada prinsip `don`t trust anybody` karena tidak tertutup kemungkinan orang yang Anda pilih justru menjadi bumerang bagi Anda.

Tujuh Isyarat Akan Dipromosikan Bos
Jujur saja, Anda pasti akan bersuka cita kan jika dipromosikan naik jabatan oleh bos? Tapi tentu saja untuk mendapatkan promosi itu tidaklah mudah. Butuh usaha dan perjuangan keras untuk memperolehnya. Karena tidak ada seorang atasan pun yang mau begitu saja mempromosikan anak buahnya.
Tapi ada beberapa pertanda yang mengisyaratkan bahwa sebentar lagi bos akan segera segera mempromosikan Anda. Apa saja kah? Simak tujuh isyarat penting di bawah ini:
Bos memuji di belakang Anda
Ada tipe bos yang tidak suka berterus terang memuji anak buahnya. Nah kalo teman Anda menyampaikan bahwa diam-diam bos suka memuji di belakang Anda, ada kesempantan untuk naik jabatan. Biasanya bos yang seperti ini khawatir jika pujian yang dilontarkannya akan menyebabkan anak buahnya besar kepala. Sehingga ia lebih suka memuji di belakang punggung Anda.
Bos meminta Anda mengerjakan tugas senior
Bila tiba-tiba bos menugaskan Anda mengerjakan hal-hal sulit, yang seharusnya menjadi tugas senior, Anda boleh berbangga. Karena berarti bos mulai menyadari potensi Anda dan yakin bahwa Anda mampu mengerjakannya. Maka jangan mengeluh atau menyatakan ketidaksanggupan Anda. Terima dan hadapilah tantangan tersebut.
Bos mempercayakan tugas di saat kritis
Bila tiba-tiba Anda mendapat tugas darurat yang ternyata bisa menyelamatkan perusahaan, itu salah satu isyarat penting bahwa bos sangat yakin dengan kemampuan Anda. Dan jika Anda mampu menyelesaikannya nama Anda langsung masuk dalam daftar karyawan yang akan segera "naik pangkat".
Bos membiarkan Anda bekerja sendiri
Bila Anda harus bekerja seorang diri, jangan buru-buru mengambil kesimpulan bos mengabaikan Anda. Inilah tanda bahwa bos sangat mempercayai Anda. Tidak hanya soal kepercayaan tetapi juga soal etika. Bukankah sangat tak nyaman bila saat bekerja bos mondar-mandir mengawasi Anda seperti seorang satpam yang siap memergoki maling?
Bos melibatkan Anda dalam kegiatan di luar
Anda bisa bangga bila diberi tugas mewakili perusahaan pada kegiatan di luar. Apalagi mewakili langsung bos Anda yang tak dapat hadir. Bila Anda mendapat tugas itu, berarti bos sangat menghargai keahlian serta karakter Anda. Ia dengan bangga memperkenalkan Anda sebagai kesatuan dalam tim kerjanya.
Bos memperhatikan kesejahteraan Anda
Bila Anda pernah menerima email dari bos Anda menanyakan soal kesejahteraan Anda dan kemudian dia memperjuangkannya secara diam-diam itu tandanya bos memperhatikan kesejahteraan Anda. Dan tentu saja perhatian ini bukan tanpa alasan. Bos merasa bahwa Anda layak mendapatkan kesejahteraan yang lebih karena potensi dan keahlian Anda.
Tujuh isyarat tersebut dapat membuka tabir rahasia bagaimana sesungguhnya sikap bos terhadap Anda. Yang penting Anda harus menyertakan ketulusan dalam menjalankan tugas, kerja keras dan dedikasi. Bila bos Anda memang seorang pimpinan yang hebat, dia pasti mengamati Anda dengan sejumlah rencana masa depan yang lebih gemilang. Nah jika Anda mengalami tujuh isyarat tersebut, siap-siaplah menyambut karir yang lebih oke!
Sumber :https://www.sahabatnestle.co.id/Page/hidup/gaya/ibu/14-cara-cerdas-merebut-perhatian-atasan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar