Senin, 13 Januari 2014

Kantor dan Managemen

Pengertian, dan Unsur-unsur dari Kantor Dan Manajemen

 

Pengertian Kantor

Seperti yang disebutkan di muka bahwa kantor adalah bagian dari organisasi yang menjadi pusat kegiatan administrasi dan tempat pengendalian kegiatan informasi, lebih lanjut lagi dapat disebutkan bahwa kantor adalah pusat pengolaan data dan keterangan serta tempat konsentrasi pimpinan dan para staf personil (pegawai) melakukan aktivitas manajemen.

Apabila memperhatikan definisi-definisi di atas pengertian kantor ditinjau dari dua segi, yaitu:
  • Dari segi fisik : Kantor dilihat dari bentuk luar atau gedung yang bersifat statis, yaitu suatu tempat penyelenggaraan kegiatan-kegiatan manajemen. Misalnya, pemeliharaan warkat (records keeping) dan pengurus informasi (information handling).
  • Dari segi aktivitas : Kantor dilihat dari kegiatannya yang bersifat dinamis, yakin adanya pembagian pekerjaan diantara mereka yang bekerja sama unutk mencapai tujuan tersebut.

Ciri-ciri Kantor

  1. Alat penyambung pancaindera dan ingatan pimpinan
  2. Membantu pimpinan merumuskan pekerjaan, penyederhanaan sistem management, motede kerja, mencapai efisiensi dalam pekerjaan tata usaha.

Unsur-unsur Kantor

  1. Gedung, terdiri dari bangunan, ruangan dan perlengkapan gedung
  2. Equipment, terdiri dari mesin-mesin kantor dan perabot-perabot kantor.
  3. Personil, yaitu semua orang yang terkait dalam organisasi kantor, mulai dari pesuruh sampai pimpinan.

Arti dan Istilah MANAJEMEN


Kata manajemen berasal dari bahasa Inggris “management” yang diambil dari kata manage. Sebenarnya kata manage, berasal dari bahasa Italia yaitu kata managgio. Kata managgio pun berasal dari bahasa latin “mannaggiare” yang diambil dari kata manus yang berarti hand atau tangan.

Sehingga secara etimologi (segi bahasanya) kata “manage” diartikan sebagai:
  1. House Keeping yang berarti rumah tangga b) To train a horse yang berarti melatih kuda dengan menghentak-hentakan kakinya.
  2. To direct and control yang berarti memimpim dan mengawasi.

Berdasarkan uraian di atas, management diartikan sebagai the act or art of managing conduct, direction and control (sebagai tindakan atau seni pengurusan, pengaturan, pengarahan, dan pengawasan).

Istilah-istilah manajemen di Indonesia

Sampai saat ini belum ada keseragaman penulis istilah management ke dalam bahasa Indonesia. Diantaranya ada yang menulis menejemen, ada pula yang menulis management dan sebagian lagi lebih suka dengan istilah manajeman. Istilah yang terakhir ini dipakai dalam buku ini, dengan pertimbangan istilah tersebut sudah umum digunakan dan sesuai dengan ucapan dalam bahasa Indonesia.

Meskipun demikian, pada beberapa lembaga ditemukan sejumlah istilah yang pada dasarnya mempunyai maksud dan pengertian yang sama dengan istilah management, yaitu pada :
  • Lembaga Administrasi Negara (LAN) menggunakan istilah Kepemimpinan.
  • Universitas Indonesia (UI) menggunkan istilah Ketatalaksanaan.
  • Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta menggunakan istilah Pengurusan.
  • Lingkungan Militer Angkatan Darat menggunakan istilah Pembinaan
  • Balai Pembinaan Administrasi (Universitas Gajah Mada Yogyakarta) menggunakan istilah manajemen.
  • Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud) seringkali menggunakan istilah Pengelolaan.
  • Komisi istilah bahasa menganjurkan istilah management.
  • Dr. Winardi.S.E. menyesuaikan ucapan bahasa Indonesia dengan istilah manajemen. 
Sumber  : http://ilmutekniksmk.blogspot.com/2012/11/Pengertian-dan-Unsur-unsur-dari-Kantor-Dan-Manajemen-.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar